Ginjal – Hipertensi

PROFIL SINGKAT DIVISI
Divisi Ginjal Hipertensi berdiri sejak tahun 1964, dimulai dengan berdirinya Poliklinik Ginjal Hipertensi hingga menjadi Divisi Ginjal Hipertensi terbesar di Indonesia. Prof. Dr. dr. Sidabutar, SpPD, K-GH adalah perintis Divisi Ginjal Hipertensi. Saat ini Divisi Ginjal Hipertensi dipimpin oleh dr. Aida Lydia, PhD, SpPD, K-GH. Dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, divisi ikut terlibat aktif dalam kegiatan Pelayanan, Pendidikan dan Penelitian khususnya di bidang Ginjal Hipertensi dibawah naungan Departemen Ilmu Penyakit Dalam.

Kegiatan pelayanan yang diberikan meliputi poliklinik Ginjal Hipertensi; rawat inap pasien Ginjal Hipertensi; layanan terapi pengganti ginjal termasuk Hemodialisis, CAPD, dan Transplantasi Ginjal; serta tindakan nefrologi meliputi USG ginjal dan buli, biopsi ginjal, pemasangan kateter double lumen sebagai akses vaskular pasien hemodialisis, dan paratiroidektomi medik dengan injeksi alkohol absolut. Divisi Ginjal Hipertensi juga menyelenggarakan pendidikan untuk mahasiswa pendidikan dokter, pendidikan dokter spesialis penyakit dalam dan pendidikan dokter spesialis penyakit dalam kekhususan ginjal hipertensi. Divisi juga aktif meningkatkan kompetensi dokter dan perawat seluruh Indonesia dengan membuat pelatihan hemodialisis baik untuk perawat, dokter umum, dan dokter spesialis penyakit dalam. Sampai saat ini divisi telah melahirkan cukup banyak penelitian ilmiah di bidang Ginjal Hipertensi dan telah dipublikasikan baik dalam jurnal kedokteran nasional maupun internasional.

KETUA DIVISI
dr. Aida Lydia, PhD, SpPD, K-GH

STAF
Prof. Dr. dr. Endang Susalit, SpPD, K-GH
Prof. Dr. dr. Suhardjono, SpPD, K-GH, K-Ger
Prof. Dr. dr. Parlindungan Siregar, SpPD, K-GH
Dr. dr. Lucky Aziza Bawazier, SpPD, K-GH
dr. Aida Lydia, PhD, SpPD, K-GH
dr. Ginova Nainggolan, SpPD, K-GH
dr. Maruhum Bonar H. Marbun, SpPD, K-GH
dr. Pringgodigdo Nugroho, SpPD, K-GH
dr. Ni Made Hustrini, SpPD, K-GH

SEKRETARIAT
Rostati, Amd.
Muntaziah, Amd
Mayli Faroh Nabila, SKM
Nur Khanifah, SKM
Shyfa Fauzyah, Amd PRS
Alifa Aulia Salsabil, Amd ARS

LOKASI KANTOR DAN POLIKLINIK/R. PROSEDUR
Kantor Divisi Ginjal Hipertensi terletak di Gedung CMU 1, Lantai 8; bergabung dengan unit dialisis (Hemodialisis dan CAPD) dan transplantasi ginjal. Sedangkan Poliklinik Ginjal Hipertensi terletak di Lantai 2 Poliklinik Penyakit Dalam yang dibuka setiap Hari Senin, Rabu dan Jumat. Untuk poliklinik swasta, Staf Divisi Ginjal Hipertensi berpraktik di Poliklinik Teratai dan Cluster Uronefro, RSCM Kencana, perjanjian dapat dilakukan melalui telepon di 1500-135. Untuk pelayanan tindakan nefrologi, ruang prosedur Ginjal Hipertensi bergabung dengan Ruang Prosedur Terpadu Departemen Ilmu Penyakit Dalam di Gedung Unit Rehabilitasi Medik (URM) lantai 5.

LAYANAN UNGGULAN
Divisi Ginjal Hipertensi saat ini memiliki layanan unggulan Transplantasi Ginjal. Sejak tahun 2001-2018 divisi telah melakukan 699 tindakan transplantasi ginjal dari donor hidup. Kegiatan transplantasi ginjal ini melibatkan banyak disiplin ilmu yang tergabung dalam Tim Transplantasi Organ RSCM.

PARTNERSHIP
• Kerja sama dengan Monash Medical Centre yang berada di Melbourne, Australia sebagai bagian dari program Sister Renal Center dibawah naungan International Society of Nephrology. Program ini telah dimulai sejak tahun 1998 hingga 2012, dimana ISN telah memberikan peringkat graduate dari program tersebut. Namun kerja sama ini terus berlangsung hingga saat ini yang bertujuan untuk mengembangkan kualitas layanan di bidang nefrologi, dialisis dan transplantasi ginjal.
• Kerja sama dengan Juntendo Medical School-Jepang dalam beberapa riset penelitian.
• Kerja sama dengan Westmead Hospital, Sydney – Australia dalam program pengembangan layanan transplantasi ginjal, baik donasi hidup maupun perkembangan kearah donasi jenasah.
• Kerja sama dengan Tan Tock Seng Hospital, Singapore dalam program pengembangan layanan peritoneal dialisis, yang saat ini masih berfokus pada layanan CAPD dan rencana perluasan kearah layanan APD.

EVENT DIVISI
Divisi Ginjal Hipertensi juga mempunyai event khusus, yaitu Jakarta Nephrology Meeting (JNM) diselenggarakan 1 tahun sekali. Selain itu, Divisi Ginjal Hipertensi juga berperan aktif dalam event-event yang dilakukan oleh perhimpunan seminat yaitu Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI); seperti Indonesian Nephrology Forum (INF), Jakarta Nephrology and Hypertension Course (JNHC), Symposium on Hypertension (SH), Annual Meeting PERNEFRI, Konferensi Kerja PERNEFRI dan Konferensi Nasional PERNEFRI.

KONTAK DIVISI
Divisi Ginjal Hipertensi, Departemen Ilmu Penyakit Dalam, FKUI/RSCM
Gedung CMU 1, lt. 8 RSUP Nasional dr. Cipto Mangunkusumo
Jl. Diponegoro No. 71, Jakarta Pusat, 10430
Telepon RSCM : 1500-135
Telepon : +62 896-3686-2655 (Whatsappp only)