Tropik – Infeksi

Visi
Sebagai Divisi dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam Kedokteran Universitas Indonesia/RSUPN Cipto Mangunkusumo, Divisi Penyakit Tropik dan Infeksi memiliki visi bahwa pada tahun 2010, Divisi Penyakit Tropik dan Infeksi menjadi Pusat Penyakit Infeksi yang terkemuka di Asia Pasifik dan mampu menghadapi tuntutan pendidikan, penelitian dan pelayanan masyarakat dengan pendekatan kemanusiaan. Dalam visi ini terkandung tiga unsur yang tidak terpisahkan satu sama lain, yaitu pendidikan, penelitian dan pelayanan masyarakat, dan di atas segalanya, turut mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat adalah yang utama.

Tujuan Strategik
1. Meningkatkan Kualitas pembelajaran dalam bidang Ilmu Penyakit Tropik dan Infeski pada tingkat pendidikan dokter umum, dokter spesialis I, dan dokter spesialis II untuk menghasilkan lulusan yang profesional, beretika tinggi, mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan untuk kepentingan masyarakat serta mampu bersaing di Asia Pasifik.
2. Meningkatkan iklim ilmiah, budaya meneliti dan manajemen penelitian yang profesional yang mendorong berkembannya kuantitas dan kualitas penelitian.
3. Meningkatkan mutu manajemen, sarana, SDM yang berkualitas dan sejahtera untuk menunjang program-program pendidikan, penelitian dan pelayanan masyarakat.
4. Meningkatkan mutu pelayanan masyarakat yang paripurna di bidang Penyakit Tropik dan Infeksi
5. Mengingkatkan kerjasama dan pengembangan pelayanan unggulan dan penerapan Contionuous Quality Improvement dibidang pendidikan, penelitian, pelayanan dan kesejahtraan masyarakat.

Ketua Divisi
Dr.dr. Erni Juwita Nelwan,PhD, SpPD-KPTI
 
Staf
Prof. dr. H. Iskandar Zulkarnain, SpPD, DTM&H, KPTI
Prof. dr. Djoko Widodo, SpPD, DTM&H, KPTI
dr. Budi Setiawan, SpPD-KPTI
Prof. dr. Herdiman T. Pohan, SpPD, DTM&H, KPTI
Prof. Dr. dr. Suhendro, SpPD, KPTI
Dr. dr. Leonard Nainggolan, SpPD-KPTI
Dr. dr. Widayat Djoko Santoso, SpPD-KPTI
Dr. dr. Khie Chen, SpPD-KPTI
dr. Adityo Susilo, SpPD
dr. Robert Sinto, SpPD
 
Fasilitas Pelayanan
– Ruang rawat jalan
– Ruang rawat inap
– Laboratorium Penyakit Tropik dan Infeksi
– Perpustakaan Penyakit Tropik dan Infeksi
– Ruang Pertemuan
– Ruang Staf Akademik dan Administrasi
– Center of Infection Disease (dalam proses)
– Ruang Rawat Isolasi (dalam proses persiapan)

Pelayanan Masyarakat
Divisi Penyakit Tropik dan Infeksi terus mewujudkan bentuk pelayanannya kepada masyarakat melalui pelayanan pasien di poliklinik maupun ruang rawat inap. Pemeriksaan terhadap beberapa penyakit infeksi yang sangat sering dijumpai di Indonesia juga tersedia di Laboratorium Penyakit Tropik dan Infeksi yang berlokasi di belakang Klinik Teratai dan melayani sejak pkl.09.00 – 15.00 WIB. Berbagai pemeriksaan tersebut adalah pemeriksaan Dengue Blot, Widal , Procalcitonin, Endotoksin, Beta D-Glucan, deteksi antibodi terhadap Leptospira, Malaria dan Mikrosirkulasi. Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, saat ini juga sedang dikembangkan Center of Infection Di-seases yang diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih paripurna di bidang Penyakit Tropik dan Infeksi pada masa mendatang.

Pemeriksaan PCR

– Definisi : Suatu alat untuk memeriksa pasangan basa spesifik dari suatu kuman 
– Alat : PCR
– Prosedur Tindakan : Dapat memeriksa, pemeriksaan PCR konvensional maupun real time PCR.
– Paket pelayanan / tarif : Khusus Riset
– Penyimpanan Spesimen : 
1. Kulkas -80 ºC, 
2. Kulkas -20 ºC, 
3. Kulkas  2-8 ºC

Lokasi : Lab. Penyakit Tropik dan Infeksi/PPRA
 Telp langsung : 021-3914190
 Telp Ext : Siemens 1934

Contact person : 
Dra. Eleanor Laura, M.Biomed

Penanggung Jawab/DPJP : 
Dr.dr. Leonard Nainggolan, SpPD-KPTI

     
     
     
     

Pendidikan
Pendidikan Penyakit Tropik dan Infeksi untuk dokter umum meliputi kuliah mimbar, diskusi topik, presntasi kasus, bedside teaching, diskusi kasus tanpa pasien, kerja poliklinik, kerja di Ruang Gawat Darurat, dan kerja bangsal.
Di tingkat yang lebih tinggi, pendidikan Penyakit Tropik dan Infeksi di berikan kepada peserta Program Studi Spesialis Ilmu Penyakit Dalam selam pendidikan. Program pendidikan yang dijalankan antara lain kerja di poliklinik dan ruang rawat inap, laporan kasus baru, journal reading, referat, ronde bangsal, diskusi kasus sulit, dan penelitian.
Ditingkat pendidikan Spesialis II (Konsultan Penyakit Tropik dan Infeksi), materi pendidikan disampaikan melalui kuliah dasar selama 6 bulan dan diikuti modul-modul kekhususan, dilanjutkan penelitian di bidang Penyakit Tropik dan Infeksi. Program pendidikan dilaksanakan di FKUI-RSCM dan juga di Rumah Sakit lain yang merupakan jejaring/mitra FKUI.
Divisi Penyakit Tropik dan Infeksi juga menaruh perhatian pada pendidikan bagi paramedis dan masyarakat. Pertemuan rutin para Kepala Ruangan Rawat Inap Departemen Ilmu Penyakit Dalam dengan staf Divisi Penyakit Tropik dan Infeksi terus dilakukan dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan kewaspadaan yang berkaitan dengan masalah infeksi nosokomial. Edukasi mengenai pencegahan dan penanganan dini penyakit Infeksi juga terus diberikan kepada masyarakat melalui berbagai simposium awam dan seminar tahunan.
Divisi Penyakit Tropik dan Infeksi juga menjalin kemintraan dan kerjasama dengan Departemen Kesehatan, perhimpunan profesi/seminat, rumah sakit dalam dan luar negeri dibidang pendidikan, penelitian dan pelayanan masyarakat.

Penelitian
Divisi Penyakit Tropik dan Infeksi terus berusaha untuk menyelenggarakan berbagai penelitan yang sesusi dengan perkembangan Ilmu Penyakit Tropik dan Infeksi dan keadaan masyarakat di dunia pada umumnya dan secara khusus di Indonesia.
Divisi Penyakit Tropik dan Infeksi melaksanakan bebagai penelitia epidemiologi klinik, dan uji klinis obat, dan alat-alat diagnostik terkait penyakit infeksi. sejak tahun 2002 telah didirikan Pusat Uji Klinis Obat Penyakit Tropik dan Infeksi.
Kerjasama penelitian Lintas Divisi, Departemen dan Sektotal terus dikembangkan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian, Jejaring penelitian Internasional juga dibentuk dengan menjalin hubungan Sister University (Nijmegen, Belanda) dan AMC (Amsterdam, Belanda).

Sekretariat
Divisi Penyakit Tropik dan Infeksi Departemen Ilmu Penyakit Dalam
Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia
RSUPN Cipto Mangunkusumo
Jl. Salemba Raya no.6, Jakarta
E-mail : infeksitropik@gmail.com